Bisnis, Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih mengatakan ada empat langkah yang diambilnya dalam menstabilkan BPS Klaim Harga Komoditas Pokok Turun Menjelang Ramadan

Regulasi lainnya adalah Permendag nomor 27 tahun 2017 tentang penetapan harga acuan pembelian di tingkat petani dan harga acuan penjualan di konsumen. "Ada harga eceran tertinggi untuk minyak goreng kemasan sederhana, gula pasir dan daging untuk ritel modern," ucap Karyanto.

Lalu ada juga, Permendag nomor 30 tahun 2017 tentang ketentuan impor produk hortikultura, di mana mengatur tata niaga impor bawang putih. "Barang (bawang putih) bisa di-trace ke mana, tak boleh disimpan," ujar Karyanto.

Langkah kedua yang dilakukan adalah mengadakan rapat dengan BUMN dan pelaku usaha dan penugasan untuk Bulog. Diketahui Kemendag pernah mengadakan rapat bersama Dinas Perdagangan Provinsi seluruh Indonesia membahas barang kebutuhan pokok.

Baca: Tak Laporkan Gudang dan Pasokan, Izin Distributor Akan Dibekukan

Sedangkan penugasan Bulog adalah untuk memperluas wilayah pemasaran daging impor di luar Jabodetabek, kecuali daerah yang melarang peredaran daging impor. Kemudian juga meminta Bulog membuka lapak eceran gula di pasar rakyat.

Langkah ketiga adalah pemantauan dan pengawasan dari eselon I Kementerian Perdagangan di seluruh Indonesia. Kemendag memantau 165 pasar rakyat dan 10 pasar induk dalam hal ini dan mereka juga dibantu oleh Badan Pusat Statistik yang memantau 173 pasar rakyat.

Langkah terakhir adalah melakukan upaya khusus seperti penetrasi pasar ke pasar rakyat dan ritel modern. Misalnya seperti menginstruksikan para importir untuk melakukan operasi bawang putih ke Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, dan Pasar Osowilangun di Surabaya.

DIKO OKTARA