Tekno, Jakarta - Bom di Konser Ariana Grande, Polisi: Nama Pelaku Salman Ramadan

Tak hanya tannerite, The New York Times melaporkan, bom itu juga mengandung hexamethylene triperoxide diamine (HMTD). Senyawa organik cair mudah terbakar (aseton) dengan daya ledak tinggi ini memiliki struktur kimia C6H12N2O6.

HMTD bisa menjadi bahan peledak utama maupun sekunder dan cukup peka terhadap guncangan ataupun gesekan. Bahan kimia ini juga dapat bereaksi dengan logam biasa.

Senyawa HMTD memiliki sifat aseton yang sama dengan triacetone triperoxide (TATP), bahan peledak yang digunakan pada pengeboman kereta bawah tanah di London pada 2005. Selain itu, juga digunakan dalam upaya peledakan di pesawat pada Desember 2001 serta dalam peledakan di kereta bawah tanah dan bandara Brussels, Belgia, pada awal tahun ini.

Baca: Seperti Apa Sosok Wanita Calon Pengaantin Bom Istana?

Dua ledakan yang diduga bom bunuh diri terjadi di Terminal Kampung Melayu sekitar pukul 20.30, Rabu malam, 24 Mei 2017. Korban dalam insiden itu ada 15 orang. Dua orang yang tewas diduga sebagai pelaku. "Indikasinya berdasarkan luka-luka," kata Setyo. Tubuh dua orang yang diduga pelaku itu terpotong-potong akibat ledakan.

Delapan polisi yang tengah bertugas turut menjadi korban bom Kampung Melayu itu. Tiga diantaranya gugur. Ada juga lima warga sipil yang menderita luka-luka.

YOHANES PASKALIS | ARKHELAUS WISNU | AMRI MAHBUB