Sport, Jakarta - Mantan pembalap MotoGP, Nicky Hayden, akan dimakamkan Senin 29 Mei 2017 di Katedral Saint Stephen, Owensboro, Kentucky, Amerika Serikat. Pemakaman Hayden akan dilakukan pukul 12.00 waktu setempat, atau Selasa 30 Mei pukul 00.00 WIB dan akan ditayangkan langsung melalui laman facebook sang pembalap.

Baca: Nicky Hayden Meninggal, Juara MotoGP Itu Lalai Saat Kecelakaan?

Hayden, juara MotoGP 2006, meninggal pada 22 Mei lalu di Rumah Sakit Maurizio Bufalini, Cesena, Italia. Dia meninggal akibat luka parah di kepala dan sekujur tubuhnya setelah ditabrak mobil saat berlatih sepeda di Rimini, Italia, pada Rabu 17 Mei sore. Hayden tidak pernah sadar dan mengalami koma, sejak ditabrak hingga meninggal.


 




 


Hayden yang merupakan pembalap MotoGP Amerika Serikat terakhir yang memenangi balap motor tercepat di dunia itu, meninggal dalam usia 35 tahun. Sebelum meninggal, Hayden berwasiat untuk mendonasikan organ tubuhnya. Dan wasiat tersebut telah dilaksanakan oleh keluarganya pasca Hayden meninggal.


 




 


Selain donasi organ tubuh keluarga Hayden juga mendirikan Nicky Hayden Memorial Fund, yang bertujuan untuk menggalan dana guna membantu kebutuhan anak-anak di kota kelahiran Hayden, Owensboro.


 




 


Hayden berkarier sebagai pembalap MotoGP pada 2003 hingga 2015. Seusai pensiun dari MotoGP, dia pindah ke World Superbike. Kecelakaan yang dialaminya terjadi hanya sehari setelah Hayden mengikuti balapan World Superbike 2017 seri 5 di Sirkuit Imola, Italia.


 


MOTORSPORT | DON