Gaya, Bandung- Sejak usia dini, anak bisa berkenalan dengan puasa Ramadan. Namun, kapan sebetulnya usia yang tepat untuk mengajarkan anak berpuasa?  Ahli kesehatan anak dari  Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Viramitha Kusnandi mengatakan, usia empat tahun merupakan  waktu yang tepat bagi anak untuk mengenal ibadah puasa dan beberapa ritual ibadah lainnya seperti salat tarawih, sahur, dan berbuka puasa.

Baca: Agar Anak Tak Mengeluh Saat Berpuasa

Menurut Vira, ada ada dua target untuk membimbing anak berpuasa. Pertama, fase pengenalan ibadah puasa.  Pada fase pengenalan puasa, orang tua bisa memberikan pandangan ke anak bahwa puasa merupakan ibadah wajib bagi seluruh umat muslim di dunia.

lalu fase kedua yaitu waktu bagi si kecil mulai belajar berpuasa. “Waktunya ketika anak berusia sekitar 5 hingga 6 tahun. Usia itu dinilai aman bagi anak berpuasa,” katanya, Jumat, 27 Mei 2017. Pada usia tersebut, fisik anak telah semakin kuat. Secara perlahan dan bertahap, orang tua bisa mengajak anak untuk meningkatkan jam berpuasa.

Hal yang harus digarisbawahi, kata Vira, orang tua tidak boleh memaksa anak untuk berpuasa. “Misalnya apabila setelah 4 jam berpuasa si kecil merasa sangat kehausan, ia boleh berbuka dan kemudian melanjutkan kembali puasanya sambil kita berikan penjelasan tentang makna berpuasa,” kata dia.

Agar anak bersemangat puasa, Vira memberikan sejumlah kiat. Orangtua disarankan untuk menciptakan suasana dan lingkungan yang menyenangkan saat sahur dan berbuka. Hal yang terpenting lainnya adalah pemberian nutrisi yang seimbang saat sahur dan berbuka. Ketika berbuka puasa, si kecil dapat diberikan makanan dengan kadar indeks glikemi yang tinggi agar dapat segera mengisi kadar gula dalam tubuh si kecil.

Yang perlu dipantau oleh orangtua saat anak mulai belajar berpuasa yaitu berat badan anak.
Pada saat berpuasa, kta Vira, idealnya berat badan anak tidak mengalami penurunan. “Usahakan berat badan anak tetap stabil, karena usia 5-6 tahun meupakan usia pesat pertumbuhan dan perkembangan anak,” ujarnya.

ANWAR SISWADI