Nasional, Jakarta -Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian mengatakan dua terduga pelaku teror bom Kampung Melayu, Jakarta Timur yang tewas, sebelumnya kelompok teroris yang dibekuk di Waduk Jatiluhur, merupakan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bandung. JAD Bandung terafiliasi dengan terpidana terorisme, Aman Abdurrahman.

"Beberapa anggota kelompok itu berhasil lolos dari penangkapan polisi dan menyusun rencana penyerangan pos lalu lintas di Bandung, akhir Februari lalu," kata Tito Karnavian, di Jakarta, Jum'at malam, 26 Mei 2017.
Baca : Tiga Terduga Terkait Bom Kampung Melayu, Ada Pebisnis dan Tukang Ojek

Serangan yang dilakoni Yayat Cahdiyat itu gagal karena bom panci keburu meledak dengan daya rendah di Taman Pandawa, Kecamatan Cicendo, Bandung. Yayat tewas ditembak polisi saat bersembunyi di kantor Kelurahan Arjuna, Cicendo. Dua pekan kemudian, polisi menangkap Agus Sujatno, yang diduga merakit bom, dan Soleh Abdurrahman sebagai penyandang dana.

Bom Cicendo Bandung, Begini Jejak Jaringan Bahrun Naim

Yanuar Hidayat, paman Ichwan, mengatakan watak keponakannya berubah sejak dua tahun lalu setelah mengikuti sebuah pengajian khusus. Keluarga tak banyak mengetahui kegiatan Ichwan. Yang jelas, pria tamatan sebuah sekolah menengah kejuruan di Bandung itu biasa menjual obat jamu dan susu murni.

Ichwan tinggal di sebuah rumah kontrakan bersama istri dan kedua anaknya di Jalan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Bandung. Menurut Yanuar, empat hari sebelum insiden bom Kampung Melayu, Ichwan sempat berpamitan dengan istrinya untuk pergi ke Tasikmalaya guna membantu temannya yang berbisnis konfeksi.

Adapun Sukri belum berkeluarga. Dia masih tinggal bersama kedua orang tuanya di Kampung Ciranji, Cipongkor, Bandung Barat. Namun, dalam tiga bulan terakhir, Sukri pindah ke sebuah rumah kontrakan di Garut, Jawa Barat.

"Sehari-hari (Sukri) bekerja sebagai penjahit pakaian," kata juru bicara Kepolisian Daerah Jawa Barat, Komisaris Besar Yusri Yunus tentang salah satu terduga pelaku aksi bom bunuh diri Kampung Melayu itu.

IQBAL T. LAZUARDI S | FRANSISCO ROSARIANS