Seleb, Jakarta - Aktor Rio Dewanto terpilih menjadi salah satu pengisi suara (dubbing) film animasi yang dipersembahkan HBO Asia, berjudul The Secret Life of Pets. “Ini satu pelajaran baru yang mendukung dan menguatkan akting,” kata Rio mengenai kegiatan terbarunya itu, di jakarta, Selasa, 6 Juni 2017.

Menurut Rio dewanto, mengisi suara dalam film lebih enak daripada syuting film. “Kita di dalam studio, tidak langsung berinteraksi dengan lawan main. Juga kamera tidak di depan muka kita," kata dia. Namun walaupun hanya mengisi suara, hal tersebut tetaplah akting. "Karena suara merupakan bagian dari akting."

Rido Dewanto menceritakan, saat di studio rekaman ia meminta suara rekan-rekan pengisi suara lain bisa ia dengarkan. Alasannya agar dia bisa memberikan reaksi. jadi lebih enak tek-toknya. "Karena adanya aksi reaksi itulah, mengisi suara ini menjadi seperti akting biasa."

Kesulitannya adalah menyamakan kalimat dengan gambar yang tersedia. Karena dia men-dubbing sesuatu yang sudah jadi. "Kan gambarnya, cara mulutnya pun udah ada, jadi kita perlu menyesuaikan,” kata dia.

Selain Rio Dewanto, selebriti lain seperti Ferry Salim, Ichsan Akbar, Nycta Gina, Nina Tamam, Bayu Oktara dan Aimee Saras berpartisipasi dalam mengisi suara The Secret Life Of Pets. Film ini akan ditayangkan pada 25 Juni mendatang dengan pilihan audio Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

AMMY HETHARIA