Sport, Jakarta - Tak ada partai semifinal antara Roger Federer dan Rafael Nadal di semifinal AS Terbuka. Laga yang dinanti-nantikan itu gagal terjadi karena Federer tersingkir di babak perempat final.

Federer, 36 tahun, gagal melaju setelah dikalahkan petenis Argentina, Juan Martin del Potro, dalam pertandingan di New York, Kamis pagi WIB. Petenis veteran asal Swiss itu takluk dalam pertarungan empat set 7-5, 3-6, 7-6 (10-8), 6-4.

Federer menyatakan tetap merasa bisa berkonsentrasi penuh di laga itu, meski media terus membahas prospek pertemuannya dengan Nadal, yang baru akan terjadi pertama kali di turnamen ini, meski keduanya sudah 37 kali berduel.

"Sejujurnya saya hanya memikirkan malam ini," kata Federer, 36 tahun. "Pikiran saya tak teralihkan sedikit pun selama pertandingan. Sejak awal saya tahu ini akan sulit."

Del Potro, 28 tahun, akan berhadapan dengan unggulan teratas turnamen, Rafael Nadal, di semifinal. Nadal melaju dengan mengalahkan petenis Rusia Andrey Rublev.

Del Potro, yang pernah juara AS Terbuka pada 2009, senang bisa mengalahkan Federer. "Saya pikir saya telah memainkan pertandingan terbaik saya di turnamen ini," kata dia. "Saya bermain dengan baik, melakukan servis dengan bagus, dan mengandalkan forehand sekuat yang saya bisa."

BBC | NS