Dunia, Mexico City - Gempa berkekuatan 8 Magnitudo telah dilaporkan terjadi di lepas pantai Gempa Meksiko Runtuhkan Jembatan 30 Meter  

Pusat peringatan tsunami Pasifik mengatakan bahwa gelombang berbahaya dapat terjadi "dalam tiga jam ke depan" untuk pesisir Meksiko, Guatemala, El Savador, Kosta Rika, Nikaragua, Panama, Honduras dan Ekuador.

"Berdasarkan parameter gempa awal, gelombang tsunami yang meluas mungkin terjadi," kata tim tersebut, seperti yang dilansir Guardian, Jumat 8 September 2017.

Pada Kamis tengah malam waktu setempat, Pusat peringatan tsunami Pasifik memperkirakan bahwa gelombang tsunami akan sampai ke kota-kota Meksiko di Salina Cruz, Puerto Madero, Acapulco dan Lazaro Cardenas pada pukul 01:00 waktu setempat.

Gempa itu sendiri terasa begitu kuat di ibu kota Meksiko, Mexico City. Bahkan pemadaman listrik telah dilakukan di beberapa bagian kota.

"Bumi bergerak begitu besar," kata arsitek berusia 31 tahun Luis Carlos Briceno yang sedang berkunjung ke Mexico City.

Gempa yang cukup besar tersebut mendorong Sistem Peringatan Tsunami Amerika Serikat untuk mengeluarkan peringatan ancaman tsunami yang berlangsung selama tiga jam di sepanjang perbatasan hampir semua negara Amerika Tengah, termasuk Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika dan Panama.

Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto mengatakan bahwa dia telah memulai protokol darurat, termasuk mengadakan pertemuan Komite Darurat Nasional.

Ini adalah gempa terkuat yang melanda Meksiko sejak gempa dahsyat pada 1985 yang meruntuhkan bangunan dan membunuh ribuan orang.

SKY NEWS | GUARDIAN | YON DEMA