Nasional, Yogyakarta - Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan 16 rangkaian acara untuk memperingati hari jadi Kota Yogyakarta ke 261 yang jatuh pada 7 Oktober 2017.

Rangkaian peringatan HUT Kota Yogya itu dimulai dengan menggelar tradisi wiwitan semacam doa bersama untuk memulai rangkaian HUT di halaman Balaikota Yogya pada Kamis 7 September 2017.
Bersamaan dengan prosesi wiwitan itu juga dilakukan launching logo HUT ke-261 Kota Yogyakarta dan pemasangan lampion di seluruh sudut Kota Yogyakarta.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Yogya Yunianto Dwi Sutono menuturkan pelaksaan HUT Kota Yogya kali ini dibuat lebih semarak dan pelaksanaannya disebar ke seluruh wilayah Kota Yogya.

“Agar semua elemen masyarakat bisa terlibat dan merayakan hari jadi kotanya,” ujar Yunianto Kamis 7 September 2017.

 

Baca juga: Penyebab Sultan HB X Tak Setuju Jalan Tol Dibangun di Yogyakarta

Yunianto menuturkan, usai prosesi wiwitan sebagai pembuka rangkaian kegiatan HUT, mulai tanggal 8- 30 September 2017 akan digelar festival rakyat secara marathon di 14 kecamatan. Festival rakyat ini akan menjadi panggung warga di tiap kecamatan menggelar berbagai pentas seni dan wisata kuliner yang menjadi kekhasan di kampungnya.

Selain itu akan digelar pula Festival Kopi di kawasan Malioboro pada tanggal 2 Oktober 2017 mulai pukul 22.00 WIB.

“Ada 10 ribu cup kopi berbagai jenis yang bisa dinikmati masyarakat pecinta kopi secara gratis sambil bersilaturahmi di kawasan Malioboro,” ujarnya.

Selain itu, ada juga event bernama Garebeg Vespa yang digelar 16 September 2017 pukul 09.00 WIB. Di mana sekitar 2.000 pecinta vespa tanah air akan datang untuk berkumpul dan menggelar silaturahmi bersama di Stadion Mandala Krida dalam aksi ‘kirab Vespa’

Tak ketinggalan pula digelar Pesta Sains untuk para pelajar tingkat SMA dalam bentuk kompetisi roket air di Lapangan Kridosono pada 9 September 2017 serta Sapa Jogja Street Sculpture berupa aksi serempak pemasangan instalasi seni di kawasan Kotabaru Yogya pada 3 Oktober 2017.

“Sebanyak 17 kampung wisata yang sudah eksis di Yogya juga akan pameran dalam event Garebeg Pasar di kawasan XT Square sehari penuh pada 5 Oktober 2017,” ujar Yunianto.

Pemrintah Kota Yogya pun juga mengundang 25 walikota yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonsesia untuk mengikuti event Jogja Fam Trip yang mempertemukan pemerintah kota dengan para pelaku biro perjalanan.

Sebagai puncak acara peringatan HUT Kota Yogya akan digelar Wayang Jogja Night Karnival pada 7 Oktober 2017 mulai pukul 18.00 WIB. Event ini menjadi ruang baru setiap komunitas dan kecamatan di Yogya unjuk kreativitas bidang street art untuk dipamerkan ke publik melalui karnval dengan rute Jalan Jenderal Sudirman hingga Kleringan Yogya.

PRIBADI WICAKSONO