Metro, Bekasi - Hari pertama uji coba armada Transjabodetabek Premium jurusan Bekasi Barat-Senayan disambut antusias oleh masyarakat, Kamis, 7 September 2017.

"Bis pertama penuh," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Perum PPD, Arga Narendra kepada Tempo.

Baca juga: 50 Bus Transjabodetabek Disiapkan ke Bogor dan Tangerang

Bis pertama berangkat pukul 05.45 dari halte Transjakarta di Jalan Ahmad Yani depan Mega Bekasi Hypermal menuju ke Senayan  via ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek keluar Tol Semanggi. Bis kelas internasional itu juga mendapatkan pengawalan dari vooridjer.

"Untuk mempersingkat waktu tempuh," kata Arga.

Ia mengatakan, penumpang tak keberatan dengan harga tiket sebesar Rp 15 ribu. Harga tiket tersebut masih diskon sebesar 25 persen, dari tarif normal yang diberlakukan besok sampai dengan masa akhir uji coba 20 September mendatang.

"Wajar harga segitu, karena jaraknya jauh, dan fasilitasnya bagus," kata dia.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, Bambang Prihartono armada tersebut menyasar warga Bekasi kelas menengah ke atas. Sehingga, diharapkan masyarakat kelompok tersebut akan beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum. "Kelasnya premium, nyaman dan aman," katanya.

Menurut Bambang, waktu tempuh armada ini lebih singkat 30 menit dibanding menggunakan kendaraan pribadi dengan rute yang sama. Bekasi-Senayan bisa ditempuh dengan waktu 1,5 jam. Jika nanti prakteknya lebih lama, maka harus dikaji kembali. "Jarak tunggu baru 30 menit, kalau banyak penumpang akan disingkat menjadi 15 menit," kata dia.

Simak juga: Transjabodetabek Depok Berhenti Beroperasi

Karena itu, pihaknya akan gencar sosialisasi tentang armada tersebut kepada masyarakat Bekasi. Sebab, menggunakan armada tersebut jauh lebih murah dibanding menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan, kenyamanan menurut dia, jauh lebih nyaman menggunakan bus kelas premium.

"Penumpang tinggal duduk, dapat berbagai fasilitas, sedangkan tarifnya hanya Rp 20 ribu, tidak perlu beli BBM," kata dia.

ADI WARSONO