Tekno, Jakarta - Xiaomi baru saja meluncurkan produk terbarunya, yaitu Xiaomi Mi A1, Selasa, 5 September 2017. Ponsel unggulan yang dibanderol dengan harga Rp 3,2 Juta ini memiliki slogan "Created by Xiaomi, Powered by Google". Ponsel pintar ini menawarkan banyak spesifikasi.

Sebelumnya, pada bulan Juni, HMD Global meluncurkan Nokia 6 di India. Sebenarnya ponsel ini sudah diluncurkan pada bulan Januari di Cina, namun baru diluncurkan dan beredar di India pada bulan Juni lalu. Sama halnya dengan Mi A1, Nokia 6 dibandrol dengan harga 3,2 Juta Rupiah.

Berdasarkan kualitas tampilan luarnya, kedua ponsel pintar ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Keduanya memiliki layar LCD 5.5 inci dan resolusi 1080x1920 piksel. Keduanya juga memiliki sensor fingerprint.

Xiaomi Mi A1 menggunakan Qualcomm Snapdragon 625 sebagai prosesor dengan RAM sebesar 4 gigabita. Internal memori sebesar 64 gigabita yang dapat diperluas dengan kartu eksternal hingga 128 gigabita. Sedangkan Nokia 6 menggunakan Qualcomm Snapdragon 430 sebagai prosesor dengan besaran RAM 3 gigabita dan internal memori 32 gigabita. Memori ponsel ini juga dapat diperluas hingga 128 gigabita.

Hal ini menunjukkan Xiaomi Mi A1 memiliki hardware yang lebih unggul dari Nokia 6. Dengan kata lain Mi A1 memiliki kecepatan yang lebih baik serta penghematan daya yang lebih optimal.

Namun, dari sisi kamera, Nokia 6 lebih unggul. Kamera belakang 16 megapiksel dan 8 megapiksel untuk kamera depan. Lebih tinggi ketimbang Xiaomi Mi A1 yang memiliki kamera depan 12 megapisel dan 5 megapiksel untuk kamera depan.

Kedua ponsel pintar ini sama-sama memiliki dual-simcard. Xiaomi Mi A1 menggunakan sistem Android 7.1.2  Nougat, sedangkan Nokia 6 menggunakan sistem Android 7.1.1 Nougat. Baterai Mi A1 memiliki daya sebesar 3080mAh, sedangkan Nokia 6 memiliki baterai dengan daya 3000mAh.

Nokia 6 memiliki 3 varian warna yaitu matte black, silver, dan tempered blue. Sedangkan Xiaomi Mi A1 terdiri dari varian warna rose gold, gold, dan Black. Saat ini, Nokia 6 sudah dijual dan beredar di berbagai negara termasuk Indonesia, sedangkan Xiaomi Mi A1 baru dapar dipasarkan secara umum tanggal 12 Septembar mendatang.

GADGETS.COM | KISTIN SEPTIYANI | AMRI MAHBUB