Bola, Jakarta - Persiba Balikpapan menargetkan poin penuh saat menjamu Persija Jakarta dalam kompetisi Liga 1 di Stadion Gajayana Malang, Ahad. Tim ‘Beruang Madu’ menggelar laga di Malang menyusul penggusuran Stadion Parikesit Balikpapan karena proyek perluasan kilang Pertamina. 

“Kami tentunya ingin menang di laga resmi seperti ini,” kata Pelatih Persiba, Timo Scheunemann, Minggu, 16 April. 


Timo mengatakan, para pemain Persiba harus mampu mengerahkan kemampuan terbaiknya memetik hasil maksimal dalam pertandingan sore nanti. Saat ini merupakan laga pembuktian atas latihan sudah dilaksanakan jelang digulirkannya kompetisi. 


“Ini sudah bukan laga uji coba lagi dan pemain harus memberikan kemampuannya,” ujarnya. 


Hasil positif pertandingan ini, menurut Timo menjadi modal penting melakoni dua laga berat selanjutnya. Persiba selanjutnya dijadwalkan melakukan lawatan ke kandang Perseru Serui dan Arema FC. 


“Melawat ke Papua sangat melelahkan bagi pemain sedangkan lawan Arema akan menghadapi tekanan ribuan suporternya,” kata Timo.


Sehubungan itu, Timo mengaku sudah mengantongi strategi khusus menjinakan perlawanan Persija di Malang. Dia yakin pemainnya  mampu meredam agresifitas tim ‘Macan Kemayoran’ di pertandingan ini. 


“Kita siap menghadapi Persija, kita akan tampilkan permainan yang terbaik. Karena kita sudah membenahi apa yang menjadi kelemangan tim sebelumnya,” tuturnya. 


Persiba sudah menemukan formula terbaik mempertajam sektor lini serangnya dengan mendatangkan pemain asal Irak, Anmar Almubaraki. Pemain ini cukup mumpuni menjadi jenderal lini tengah mensuplai umpan matang barisan penyerang Persiba. 


Anmar dikontrak sebagai marquee player Persiba dalam kompetisi ini. Dia sempat mencicipi ketatnya kompetisi divisi utama di Belanda (Twente FC) dan Turki (Denizlispor).


Timo mempercayainya langsung merumput saat Persiba menghadapi Persija nanti. Pemain ini tepat direkrut lewat keahlian akurasi shooting dan mengatur tempo jalannya permainan. 


“Dia punya kemampuan untuk melakukan shooting, ketengan memang posisinya sesuai dengan kebutuhan tim dan dari segi kualitas tidak meragukan,” ujarnya.


Persiba mengharapkan keberadaan Anmar mampu melengkapi kekurangan tim yang mengecewakan dalam sejumlah laga uji coba. Tim ini masih membutuhkan kreatifitas sektor lini tengah untuk mensuplai bola ke garis pertahanan lawan. 


Dalam beberapa pertandingan, penyerang Marlon da Silva kesulitan mencetak gol akibat minimnya kontribusi bola matang dari para pemain gelandang. Anmar diharapkan bisa menjadi solusi kreatifitas pemain gelandang Persiba. 


SG WIBISONO