Bola, Jakarta - Pada babak pertama pertandingan Liga 1, Persib Bandung dan Arema FC hanya mampu bermain 0-0. Michael Essien ikut terlibat aktif dalam permainan Persib pada babak awal laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Sabtu, 15 April 2017.

Essien masih sempat menunjukkan sisa-sisa kehebatannya dengan sebuah umpan terobosan buat Matsunaga Shohei menjelang akhir babak kedua. Sayang pemain Korea Selatan yang menerima umpan itu gagal memanfaatkannya jadi gol karena tembakan kerasnya melambung di atas mistar gawang.

Selain umpan terobosan itu, tampilan Essien bisa dibilang tak terlalu istimewa. Ia aktif terlibat, tapi gagal memenuhi harapan untuk menjadi pengubah arah pertandingan. Pemain Ghana yang pernah jadi andalan Chelsea itu aktif terlibat, ia dilanggar dan berani melakukan tackle pada lawan, namun umpan-umpannya dari tendangan bola mati umumnya tak mampu menciptakan peluang bagi Persib.

Sepanjang babak pertama, Arema sendiri mampu memberi perlawanan. Cristian Gonzales bahkan sempat membobol gawang I Made Wirawan, namun gol itu dibatalkan wasit karena ia dianggap sudah offside.

Pada babak pertama, Persib lebih dominan dalam penguasaan bola, mencapai 60 persen. Pertandingan juga berlangsung cukup keras karena terjadi 18 pelanggaran, termasuk 10 yang dilakukan Persib.

NURDIN