Bola, Jakarta - Manajemen Persebaya Surabaya menunjuk Angel Alfredo Vera sebagai pelatih menggantikan Iwan Setiawan. Penunjukan pelatih berkebangsaan Argentina itu berselang satu pekan setelah manajemen memecat Iwan karena berulah dengan Bonek, suporter Persebaya.

Presiden Klub Persebaya, Azrul Ananda, mengatakan Alfredo dipilih karena ia paling siap di antara pelatih lain. "Selain punya track record baik, dia juga sudah sangat siap, sudah punya visi dan perencanaan yang detail untuk Persebaya di masa istirahat ini,” katanya, Sabtu, 27 Mei 2017.

Azrul mengaku ada banyak pelatih yang menyatakan minat untuk melatih Persebaya dalam beberapa pekan terakhir ini. "Ada sejumlah pelatih pula telah kami hubungi, bahkan temui dan wawancara langsung. Pada akhirnya, kami merasa cocok dan nyaman dengan Alfredo."

Selain menunjuk Alfredo sebagai pelatih kepala, manajemen Persebaya juga mengikat kontrak Esteban Horacio Busto. Mantan gelandang berkebangsaan Argentina yang pernah merumput bersama Persis Solo dan Persikota Tangerang itu mendampingi Alfredo sebagai asisten pelatih.

Alfredo mengatakan senang diberi kesempatan mengarsiteki klub Persebaya yang punya nama dan reputasi besar. "Di satu sisi saya bangga dan senang, di sisi lain, ini tugas yang sangat berat karena ekspektasi yang begitu besar,” ujar Alfredo, yang pernah membawa Persipura menjuari ISC 2016.

Azrul berharap Alfredo bisa membawa Persebaya kembali berkompetisi di kasta tertinggi sepak bola Indonesia, yakni Liga 1. Ia juga berharap dukungan dari Bonek. “Mari beri mereka waktu dan ketenangan untuk fokus menghadapi kelanjutan Liga 2 setelah Idul Fitri nanti," katanya.

Nama Alfredo Vera bukan sosok asing di kancah persepakbolaan nasional. Di dunia kepelatihan, ia pernah menukangi Persela Lamongan dan Gresik United. Sempat juga ditunjuk sebagai pelatih Pusamania Borneo FC (PBFC) U-21 sebelum kemudian melatih Persipura Jayapura pada 2016.

NUR HADI