Nasional, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi memenuhi panggilan kepolisian terkait kasus dugaan pencemaran nama baik yang melibatkan penyidik senior KPK, Novel Baswedan. Mereka diperiksa sebagai saksi dalam kasus yang dilaporkan oleh Direktur Penyidikan KPK Aris Budiman.

Kepala Bagian Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan ada tiga orang penyidik KPK yang diperiksa hari ini. "Mereka dikawal Biro Hukum KPK," kata dia kepada Tempo, Rabu, 6 September 2017.

Baca : Novel Baswedan Anggap Laporan Aris Budiman Pengalihan Isu

Para penyidik itu datang sejak siang hari dan langsung menuju gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Hingga saat ini, belum diketahui hasil dari pemeriksaan tiga penyidik KPK itu.

Jadwal pemeriksaan penyidik KPK ini sebelumnya disampaikan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Adi Deriyan, Selasa kemarin. Adi mengaku sudah berkoordinasi dengan lembaga antirasuah itu untuk memanggil para penyidik KPK.

Baca : Ini Alasan Polisi Cepat Memproses Laporan Aris Budiman atas Novel

Selain penyidik KPK, polisi juga sudah memeriksa Aris Budiman sebagai pelapor dan sejumlah mantan penyidik. Kasus ini sudah naik ke tahap penyidikan, namun Adi menegaskan belum ada tersangka yang ditetapkan. "Beliau (Novel) masih terlapor. Belum tersangka," kata Adi.

Aris Budiman melaporkan Novel Baswedan ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan pencemaran nama baik pada 13 Agustus 2017. Aris mengaku tersinggung dengan surat elektronik yang dikirimkan Novel tentang aturan perekrutan penyidik dari kepolisian di dalam KPK.

FRISKI RIANA